Minggu, 10 Maret 2019

Belajar Food Technology Bersama Chef Rachma - Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Praktik Buat Tempe, Telur Asin dan Yoghurt di Dapur Pastry 2 Graha Tristar

Belajar Food Technology Bersama Chef Rachma

Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Praktik Buat Tempe, Telur Asin dan Yoghurt di Dapur Pastry 2 Graha Tristar
PERKULIAHAN S1 Tekpan Tristar Institute kembali bergulir pekan ini, setelah libur panjang Idul Fitri 2018 sampai 15 Juli 2018. Pada awal perkuliahan pekan ketiga Juli 2018 ini, 14 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute diajarkan pengetahuan seputar sisik melik cara membuat Tempe, Telur Asin dan Yoghurt dengan sentuhan Food Technology oleh Chef Rachma Nur Devianti STP di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

14 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute itu adalah Juan Valensia,  Arinil Haq, Rana Ulfa Rahmadani, Delvira, Yola Yulia, Wirawan Tamtomo, Tri Safira, Ryan Surya Wijaya, Maria Monica Wijaya, Theresia Prostalia Wirani W., Jennifer Lisa Marcal, Ira Nur Khumairah, Johanes Baptista Wianda W., dan Andre Prakoso.
Pada tatap muka hari pertama Senin (16/07/2018) pagi, Chef Rachma dan asistennya, Felicia, membekali anak didiknya teori dan praktik seputar teknik membuat dua kreasi Tempe dengan sentuhan Food Technology di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Graha Tristar.
Untuk memudahkan pekerjaan di Laboratorium Praktik tersebut, 14 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute itu dibagi empat kelompok. Masing-masing beranggotakan 3-4 orang setiap kelompoknya.
Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Selasa (17/07/2018) pagi, mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute diajarkan teknik membuat dua kreasi Telur Asin melalui cara pembuatan, yakni direndam dalam air asin dan satunya lagi diperam dengan butiran bata merah.
Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (18/07/2018) pagi, giliran Chef Rachma dan asistennya mengajarkan anak didiknya cara membuat dua kreasi Yoghurt (rasa manis), Plain Yoghurt dan Spoonable Yoghurt.
Bahan untuk membuat Plain Yoghurt terdiri dari milk, skim milk powder (berupa lipida protein, makanan untuki Lacto Bacillus), sugar dan yoghurt starter. Bahan dipanaskan pada suhu 92*C selama lima menit dan difermentasi pada suhu 42*C selama 24 jam.
Sedangkan bahan untuk membuat Spoonable Yoghurt adalah plain yoghurt (300 cc dalam kondisi masih hangat), roselle fresh milk (UHT), water, sugar, SMC, modified starch sauce (pengental), food colouring (pewarna makanan) dan food flavouring. Hal itu sesuai dengan panduan Buku Ajar (Silabus) yang telah diberikan kepada anak didiknya.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar