Kamis, 07 Maret 2019

Belajar Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma - Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Racik Empat Minuman dengan Teknik ”Molecular Mixologist”

Belajar Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Racik Empat Minuman dengan Teknik ”Molecular Mixologist”
PASCA libur panjang Idul Fitri pertengahan Juni hingga pekan pertama Juli 2018 lalu, 21 mahasiswa Advanced Culinary Class (Kelas Pagi dan Kelas Siang), mulai Senin (09/07/2018) hingga Jumat (13/07/2018), kembali belajar sekaligus praktik meracik minuman melalui pendekatan teknik Molecular Mixologist. 

Untuk pembelajaran tersebut, mereka diasuh oleh Donny Kuzuma, Dosen Luar Biasa Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, selama lima kali tatap muka.
10 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi yang belajar sekaligus praktik meracik minuman dengan teknik Molecular Mixologist itu adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi.
Sedangkan 11 mahasiswa Advanced Culinary Kelas Siang yang belajar seputar sisik melik Molecular Mixologist oleh Donny Kuzuma adalah Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad  Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya.
Pada tatap muka hari pertama, Senin (09/07/2018), Donny, sapaan akrab Donny Kuzuma mengenalkan Dasar-dasar Molecular Mixologist kepada mahasiswa. Pasalnya,  teknik Molecular Mixologist berbeda dengan cara meracik minuman (cocktail dan mocktail) secara klasik (konvensional).
Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (10/07/2018), Donny mengajarkan pengetahuan seputar powder, cream seafon (pakai alat pengocok espuma atau soda seafon), nitrogen (N2), karbondioksida (CO2), dry ice, smoke gun hingga teknik meng-create minuman dengan teknik Molecular Mixologist.
Untuk memahami pengetahuan seputar teknik Molecular Mixologist dalam meracik minuman, Donny mengingatkan kembali pelajaran Ilmu Fisika tentang massa dan berat jenis, juga pengetahuan Ilmu Kimia yang pernah dipelajari anak didiknya semasa masih duduk di bangku SMA.
Setelah belajar teori seputar sisik melik teknik meracik minuman dengan pendekatan Molecular Mixologist, maka pada tatap muka hari ketiga, Rabu (11/07/2018), mahasiswa  Advanced Culinary Class praktik di mini bar Akpar Majapahit bersama Donny Kuzuma.
Dalam praktik tersebut, Donny yang dikenal sebagai seorang Mixologist sekaligus pengelola K Bar Jl. Kartini No. 12 Surabaya ini, mengajarkan anak didiknya cara membuat dua minuman beralkohol (cocktail) dengan pendekatan Molecular Mixologist, yakni Mojito Caviar dan White Mession Molecular Ice Cream.
Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Kamis (12/07/2018), mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang kembali diajarkan teknik membuat dua minuman beralkohol (cocktail) dengan sentuhan Molecular Mixologist, yakni Fat Wash Daiquiri dan Margarita Salty Foam.
Sedangkan pertemuan hari terakhir, Jumat (13/07/2018), mahasiswa Advanced Culinary Kelas pagi dan Siang ditantang untuk membuat aneka kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist di Dapur Culinary 2 (C2) Lantai 3 Graha Tristar seperti yang diajarkan sebelumnya. ”Ujian praktik itu kami laksanakan dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Durasi ujian praktik itu sekitar 2-3 jam,” kata Donny Kuzuma kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.
Hasil kreasi minuman mahasiswa tersebut wajib di-garnish lebih dulu, sebelum dinilai oleh dosen penguji. Kriteria penilaian kreasi masakan itu tetap mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. 
Melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, pihaknya mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara konvensional.
Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan sisik melik program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar