Rabu, 14 Februari 2018

34. Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Cake di Dapur Pastry Kampus J-5 - Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Diuji Buat Aneka Kreasi Cake dengan Sentuhan Food Technology

Ujian Praktik Buat Aneka Kreasi Cake di Dapur Pastry Kampus J-5

Mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute Diuji Buat Aneka Kreasi Cake dengan Sentuhan Food Technology
SELAMA tiga hari, tepatnya pada Senin (11/12/2017) sampai Rabu (13/12/2017) lalu, 14 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute yang dibimbing chef Lily Handayani MM.Par., diuji membuat aneka kreasi cake dengan sentuhan food technology. Ujian praktik yang diselenggarakan di Dapur Pastry Kampus J-5 Jl. Prapen Indah J-5 Surabaya itu mereka tampil secara individual.
Dari 14 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute, tampil pada ujian praktik membuat kreasi cake hari pertama, Senin (11/12/2017) siang, sebanyak tiga orang. Mereka adalah Maria Monica W., Arinil dan Tri Safira.
Maria Monica berupaya tampil all out saat membuat Mango Coconut Mousse, begitu juga Arinil dan Tri Safira, kedua mahasiswa S1 Tekpan itu pun berusaha keras untuk membuat kreasi cake terbaik, yang diberi titel Red Velvet Cake (Arinil) dan Fermented Cassava Pie Cake (Tri Safira).
Sedangkan pada hari kedua, Selasa (12/12/2017) siang, giliran mahasiswa yang maju ujian praktik adalah Andre Prakoso, Nugi Wibowo, Rana Ulfa, Risman Sumantri dan Theresia Rostalia.
Pada ujian praktik masak tersebut, Andre Prakoso membuat kreasi cake yang diberi nama Fruit Cake, Nugi Wibowo sibuk menyiapkan cake andalannya yakni Mango Coffee Cake, sedangkan Rana Ulfa tampil all out untuk membuat Cheese Lemon Cake. Sementara itu,  Risman Sumantri dan Theresia Rostalia masing-masing antusias membuat Strawberry Chip Cake dan Cake Ubi.
Selanjutnya pada ujian praktik membuat aneka kreasi cake hari ketiga, Rabu (13/12/2017) siang, ada enam orang mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute yang tampil. Mereka adalah Juan, Ryan, Wirawan, Ira, Yola dan Johannes.
Menurut chef Lily Handayani MM.Par., 14 mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute selain mengikuti ujian praktik membuat aneka kreasi cake di Dapur Pastry Kampus J-5, juga wajib menghadiri ujian tulis (teori) seputar sisik melik cake & cookies di kelas pada pagi harinya.
”Ujian tulis tersebut berlangsung selama satu jam, sedangkan durasi ujian praktiknya sendiri sekitar tiga jam. Sehingga total waktu yang disediakan pihak panitia untuk ujian tulis dan praktik sekitar empat jam,” kata chef Lily di dampingi asistennya, chef Fitri, sebelum penjurian.
Dalam ujian praktik membuat aneka kreasi cake, setiap peserta ujian mendapat subsidi sebesar Rp 100.000 per orang untuk modal belanja bahan membuat aneka kreasi cake. Mengingat pesertanya adalah mahasiswa S1 Tekpan, maka ujian praktik membuat aneka kreasi cake itu juga menggunakan pendekatan food technology.
Misalnya, ada mahasiswa yang memanfaatkan tape dari singkong (fermented cassava) untuk membuat Fermented Cassava Pie Cake, memanfaatkan buah mangga dan kopi bubuk untuk membuat Mango Coffee Cake. Selain itu ada juga mahasiswa yang memanfaatkan buah strawberry dan ubi (ketela rambat) untuk membuat Strawberry Chip Cake dan Cake Ubi, ketika ujian praktik dua pekan lalu.
Hasil kreasi mahasiswa S1 Tekpan Tristar Institute itu ditampilkan di hadapan tiga anggota dewan juri yang terdiri atas chef Ernawati MM.Par., chef Endang Sri Rahajoe MM.Par dan chef Kristian Faskahariyanto di Lobi Kampus J-5, untuk dinilai dari aspek penampilan, tekstur dan cita rasanya.
Selain itu, setiap peserta ujian, juga diminta untuk mempresentasikan cara membuat cake hasil kreasinya tersebut di hadapan tiga anggota dewan juri dengan disaksikan oleh dosen pembimbing, chef Lily Handayani MM.Par dan asistennya chef Fitri, SPd.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus S1 Tekpan Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar